Sabtu, 01 September 2012

Penelitian Tindakan Kelas [BAB 5]

BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
5.1  Simpulan
Simpulan berdasarkan hasil penelitian penggunaan metode karyawisata dalam meningkatkan prestasi pembelajaran ilmu pengetauan alam adalah sebagai berikut.
1)      Proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan menggunakan metode
karyawisata pada siklus I dan siklus II berlangsung dalam tahapan yang sama. Namun, peneliti melakukan perbaikan proses pembelajaran pada siklus II berdasarkan refleksi siklus I.   Perbaikan yang telah dilaksanakan pada siklus II menyebabkan proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam berlangsung dengan lancar dan mengalami peningkatan dibanding siklus I.
2)      Berdasarkan hasil analisis data ada peningkatan yang signifikan dari setiap siklus.  Nilai rata-rata sebelum dilakukan siklus sebesar 5,3 kemudian nilai rata-rata siklus 1 sebesar 6,7 dan nilai rata-rata siklus 2 sebesar 7,7.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode belajar karyawisata dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam anak tunagrahita kelas III di  SLB–C YPAALB Prambanan Klaten  Tahun 2010/2011
3)      Perilaku siswa kelas III di  SLB–C YPAALB Prambanan setelah melaksanakan pembelajaran dengan metode karyawisata mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan perilaku siswa tersebut, yaitu aktif, disiplin, percaya diri, semangat, serta mampu bekerja sama dengan baik. Perubahan perilaku siswa dibuktikan dengan deskripsi perilaku ekologis, dan dokumentasi foto.
5.2       Saran
Berdasarkan simpulan penelitian tersebut, maka saran yang diberikan oleh peneliti adalah sebagai berikut.
1)      Bagi siswa.
Melalui penelitian ini dapat memberikan kemudahan dalam mengembangkan pengalaman siswa.
2)      Bagi guru
Memberikan kemudahan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan upaya guru dalam meningkatkan ketrampilan mengajar IPA dengan metode Karyawisata guna meningkatkan pelayanan bagi anak tunagrahita
3)      Bagi sekolah,
Dapat memberikan semangat bagi guru-guru untuk melaksanakan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan peningkatan prestasi belajar siswa.  
4)      Bagi peneliti
Karena penelitian ini merupakan pengalaman yang berharga sehingga mendorong peneliti untuk melakukan penelitian-penelitian yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar